Friday, March 4, 2016

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
“ BISNIS RENTAL MOTOR”

Logo amikom baru


DI SUSUN
UNTUK MEMENUHI PERSYARATAN TUGAS AKHIR KULIAH
LINGKUNGAN BISNIS

OLEH :

DIAN FAQIH HERMAWAN
15.11.9229
S1TI-11

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA (TI)
Abstrak
Bisnis rental motor pada dasarnya sama dengan rental mobil. Perbedaan yang paling mencolok hanya pada harga sewanya saja. Bisnis rental ini mempunyai prospek yang bagus. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, yaitu perkembangan yang terjadi di dunia bisnis dan industri, menyebabkan para pelaku usaha sekaligus orang-orang yang terkait dengan kepentingan mereka, meningkat mobilitasnya. Sehingga peran-serta perusahaan-perusahaan penyewaan mobil dan motor menjadi besar artinya, terutama didasari atas kenyataan bahwa bagi beberapa kelompok orang, menggunakan mobil atau motor secara menyewa, diperhitungkan akan lebih efisien daripada membeli.

Tahun ini sudah ada 7.000 unit sepeda motor Honda yang disewakan untuk sejumlah perusahaan di Jakarta dan Tangerang. "Kebanyakan dari perusahaan perbankan, medical representatif, dan juga delivery makanan," tutur salah satu perusahaan rental motor, Motorent, di jakarta. Yang membuat Motorent berkembang pesat, adalah karena jasa penyewaan motor baru ini terbilang cukup bersahabat dengan kantong.


Isi

          Memulai usaha ini pun, seharusnya tidak melulu bergantung pada kondisi keuangan pribadi yang ingin kita sisihkan sebagai modal. Bila kita tidak punya modal finansial, Anda dapat mengajak orang lain yang bukan saja punya uang, tapi tentunya juga berminat dalam bisnis sewa-menyewa kendaraan. Mulailah dengan menggunakan 1 - 3 motor saja dulu, dan itu pun tidak harus punya Anda semua. Anda bisa menyosialisasikan pada orang-orang dekat bahwa Anda memiliki bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan dari motor mereka yang penggunaannya kurang efektif. Berilah pencerahan bahwa dengan menitipkan pada Anda, motor yang selama ini hanya parker di garasi, akan dapat membiaya dirinya sendiri melalui uang sewa.

Anda harus giat mengajukan penawaran-penawaran kerjasama pada berbagai institusi bisnis. Misalnya, kalau Anda tinggal di Bali, Jogya atau daearah-daerah wisata lainnya, Anda bisa mengadakan kerjasama dengan berbagai hotel atau perusahaan tour and travel yang memungkinkan perusahaan Anda dipercaya untuk menangani urusan penyedia jasa kendaraan yang diperuntukkan bagi tamu-tamu hotel tersebut. Selain itu, rental motor memberikan pilihan lain kepada tamu-tamu mereka yang mungkin ingin menikmati suasana sekitar dengan menunggangi sepeda motor.
Sebagai contoh, untuk liburan di Bali banyak alternatif transport yang bisa dipilih. Salah satunya dengan sewa sepeda motor atau rental motor dengan sistem sewa harian. Website Bali motor menyediakan banyak pilihan motor yang bisa disewa baik untuk motor matic ataupun manual seperti Honda Vario, Yamaha Mio, Honda Supra, Yamaha Jupiter MX, Honda Tiger dan lain-lain. Selain harganya yang jauh lebih murah , Anda akan terbebas dari kemacetan yang banyak terjadi di daerah Kuta, Legian dan Seminyak. Dengan ukuran yang lebih kecil dan lincah, motor bisa memberikan keleluasaan dan kecepatan. Dengan layanan GRATIS untuk antar dan ambil motor dan mobil baik itu di bandara Ngurah Rai, kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran, tentu saja akan semakin memberikan kemudahan bagi konsumen. Sedangkan untuk wilayah Nusa Dua, Sanur, Denpasar pihak penyedia jasa hanya mengenakan biaya Rp. 15.000 sekali jalan. Syarat sewa biasanya hanya dimintakan alamat di Bali (tempat menginap), KTP, telp rumah / kantor, foto (difoto saat ambil motor) dll.

Perlukah mobil atau motor sewaan diasuransikan? Wajib! Jangankan mobil atau motor sewaan, milik pribadi pun seyogyanya diasuransikan mengingat faktor keamanan dewasa ini yang semakin rawan. Risiko dapat terjadi kapan saja, apalagi kalau kendaraan sewaan itu dipakai oleh segala macam tipe orang yang tidak kita ketahui, sembronokah, cerobohkah, piawaikah atau..?  Sebelum Anda benar-benar terjun total, perhatikan juga faktor persaingan. Lalu ciptakan keunggulan spesifik apa yang dapat ditawarkan pada calon pelanggan, yang tidak ditawarkan orang lain. Sehingga jelas alasannya, mengapa pelanggan harus datang ke Anda untuk menyewa, dan bukan datang ke pesaing Anda.

Dari kebutuhan tersebut, merebaklah peluang untuk menjalankan bisnis persewaan kendaraan bermotor khusus roda dua. Ditambah lagi dengan macetnya lalu lintas perkotaan, motor merupakan salah satu solusi alternatif yang terbaik.

Referensi

0 comments:

Post a Comment

Tu comentario será moderado la primera vez que lo hagas al igual que si incluyes enlaces. A partir de ahi no ser necesario si usas los mismos datos y mantienes la cordura. No se publicarán insultos, difamaciones o faltas de respeto hacia los lectores y comentaristas de este blog.